Tentang Citroen EyeEarn Lovers

Apa memang ada merk Citroen EyeEarn? Tentu nggak ada. Itu dua hal yang berbeda. Citroen merk mobil, EyeEarn merk dagang. Lho kok dijadiin satu?

Semua orang sudah tau merk mobil Citroen. Tapi EyeEarn, nggak semua tau. EyeEarn merupakan merk dagang sebuah jaringan Online Business International terkemuka SFI, yang memiliki semboyan Get Seen - Get Paid. Kalau logo EyeEarn di kaos yang kita pakai dan di stiker yang ditempelkan di mobil sudah difoto dan dikirimkan ke manajemen EyeEarn, kita bakal dibayar.

Berhubung hanya punya Citroen, ya mejengnya di depan Citroen jadinya. Dan namanya juga jadi Citroen EyeEarn.
Citroen + EyeEarn = Love Drive, Earn Money, Hate Garage

Sebagian Foto si BX

Thursday, November 5, 2009

Mobil Peugeot 505 (Bagian I)

Peugeot 505 adalah mobil yang didisain oleh rumah disain kelas dunia “Pininfarina” untuk PSA Peugeot Citroen di perancis, yang kemudian diproduksi pada pertengahan bulan Mei tahun 1979 sampai dengan tahun 1992. Produk perdana mobil ini diperkenalkan untuk pertama kalinya di Cannes Casino dengan slogan : ” … with the 505, Peugeot presents a new models line in which each detail reflect elegance and efficiency….”

Peugeot 505 diproduksi di Sochaux Plant Perancis serta di beberapa Negara lainnya seperti di Argentina oleh “Sevel” dari tahun 1981 – 1995, Cina, Nigeria dan Indonesia(1981-1988). Sedangkan untuk pemasarannya, selain di Amerika Serikat dan Eropa, Peugeot 505 juga dijual di Australia, Argentina, Chile, Cina, dan Selandia Baru.

Peugeot Seri 505 ini diproduksi sebagai pengganti dari Peugeot 504, dengan dua model yaitu : Peugeot 505 Saloon (sedan) dan Peugeot 505 Family Estate yang lebih dikenal dengan nama Peugeot 505 Stationwagon. Jenis terakhir ini juga masuk ke Indonesia tapi kebanyakan dimiliki oleh Kedutaan2 besar Negara asing. Varian Station wagon yang mempunyai 3 baris kursi (8 penumpang)ini, adalah model pesaing dari Renault 21 Savana. Popularitasnya sangat tinggi di eropa karena banyak digunakan sebagai taxi. Dua barisan kursi belakangnya dapat dilipat untuk memberikan ruang penyimpan barang yang datar, dengan kapasitas sekitar 1,94 meter kubik, dengan total beban yang dapat diangkut adalah 590 kg.

Selain model sedan dan station wagon, pabrikan Peugeot pernah membuat “prototype” Peugeot 505 coupe (2 pintu), Peugeot 505 cabriolet (convertible) dan Peugeot 505 pick-up. Oleh sebab itu, di Perancis banyak modifikasi merubah bentuk Peugeot 505 menjadi pick-up / truck.

Pada saat “test drive” untuk pertama kalinya, Peugeot 505 dipuji oleh banyak wartawan otomotif dalam hal “handling” dan kenyamanannya, terutama pada kondisi jalan kasar yang belum di aspal ( sepertinya alasan ini tidak berlaku di Negara maju yang mayoritas infra strukturnya sudah dibangun). Kemampuan jelajahnya pada jalan yg relative buruk juga ditunjang oleh Ground clearance yang cukup tinggi, oleh sebab itu pada tahun 1980an, “Dangel” membuat versi Peugeot 505 Estate (Station wagon) yang menggunakan penggerak 4 roda ( four wheel drive) dengan “shorter gear ratio” dan dilengkapi dengan 2 pilihan jenis mesin yaitu : mesin Turbo diesel dengan Intercooler yang mempunyai daya 110hp (81kW) dan mesin Bensin kapasitas 2.2 L dengan daya 130hp (96kW).

Walaupun penjualannya cukup baik, rentang waktu produksi yang sedemikian panjang memaksa pabrikan Peugeot untuk untuk tetap mengantisipasi pasar, dengan cara melakukan “Facelift” pada bagian exterior termasuk penggantian interior dengan model terbaru pada tahun 1986. Akan tetapi produksinya di Eropa tetap menurun seiring dengan peluncuran Peugeot 405 yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan Peugeot 505, yang akhirnya pabrikan Peugeot menutup seluruh produksinya pada tahun 1992 (beberapa saat setelah peluncuran Peugeot 605). Walaupun begitu, di Afrika Peugeot 505 tetap diproduksi, untuk memenuhi permintaan pasar yang tidak pernah surut.

Secara keseluruhan, pamor Peugeot 505 di banyak Negara cukup baik bukan saja di Perancis dan Jerman, dimana Peugeot 505 estate (station wagon) digunakan sebagai ambulans, mobil jenazah, mobil polisi, kendaraan militer dan sebagai “road maintenance vehicle”. Di kota New York City, Peugeot 505s digunakan untuk memperkuat armada taxi. Di Afrika karena ketangguhannya, Peugeot 505 dikenal sebagai “Work Horse of Afrika”

Di Amerika serikat, Peugeot 505 merupakan salah satu model terakhir Peugeot yang di-import secara utuh dan dijual di Negara ini. Varian sedan-nya berakhir tahun 1990, sedangkan versi station wagonnya pada tahun 1991. Kedua-duanya menggunakan mesin seri PRV kapasitas 2,8 L dengan konfigurasi V6.

Peugeot 505 termasuk kendaraan yang memiliki banyak sekali system baik mekanis maupun elektrik, eksterior maupun interior yang berbeda antara satu varian dengan varian lainnya. Beberapa diantaranya :

Peugeot 505 menggunakan penggerak roda belakang dengan mesin yang dipasang membujur (longitudinally-mount). Suspensi-nya menggunakan “MacPherson struts” dan “coil springs” di bagian depan serta “ semi-trailing arms with coil springs” di bagian belakang , dengan “body-mounted rear differential “ dan “four constant-velocity joints”. Versi Station Wagon ( dan sedan yang di produksi di Argentina) menggunakan “live-axle rear suspension” dengan “Panhard rod and coil springs”.

“Stabilizer bars” merupakan peralatan standar pada bagian depan, sedangkan bagian belakangnya berbeda tergantung pada modelnya.

Sistem rem, menggunakan disc brakes pada bagian depan serta drum brakes pada bagian belakang tergantung juga dari modelnya.

Stir menggunakan system “rack and pinion”, dengan tambahan “power assisted” pada sebagian besar model.

Model SRD yang menggunakan mesin diesel 2304 cc, tidak dilengkapi dengan power steering, akan tetapi model GTD Turbo, GTI , V6 dan TI, kesemuanya dilengkapi dengan power steering, central locking doors, air conditioning, 5-speed manual transmission , moonroof (kecuali GTD Turbo), dan lampu kabut (fog lamp).

Di Peugeot 505 V6, power steeringnya sudah “Speed Sensitive”, central lock-nya menggunakan remote infra merah, system pemanas ruangan dan ventilasinya termasuk electronic climate control.

Transmisi otomatis Three speed tersedia pada type2 awal Peugeot 505, yang kemudian diganti versi Four-speed. Akan tetapi, model 505 yang paling lama bertahan adalah GTD dengan “Five Speed manual transmission”.

Di Australia, Peugeot 505 dipasarkan dengan type : ID, SR, sedan STI dan GTi, SR atau GTi station wagon dengan 8 tempat duduk, semuanya menggunakan bahan bakar bensin. Type GRD dan SRD dg mesin diesel tidak banyak terjual.

Peugeot Seri II diperbaharui dengan mengganti type SR menjadi SLI. TI yang tidak dirilis di Australia, dan diesel adalah model yang langka.

Panjang dan lebar keseluruhan dari 505 Saloon adalah 4.58 Meter dan 1.73 meter sedangkan untuk Family estate adalah 4.90 meter dan 1.73 meter.

Kapasitas tanki bahan bakar buat GR adalah 52 liter (11.4 Gallons) dan 505 GTi adalah 70 Liter (15.4 Gallons).

Konsumsi BBM untuk 505 untuk constant speed driving 90km/jam GR Automatic butuh 8 L/100km sedangkan GR Manual 5 Speed butuh 6.7L/100km dan GR Manual 4 speed butuh 7.1L/100 Km, ini berlaku kalau cruising di 90 km/jam terus. Lalu untuk urban driving GR Automatic butuh 10.9L/100km, sedangkan GR Manual 4 or 5 Speed butuh 11.3 L/100km

Khusus untuk Peugeot 505 yang di pasarkan di Amerika Serikat dan Kanada memiliki rancangan body yang berbeda seperti :

Tangki bensin dipindahkan ke bagian dalam dengan mulut tangki berada si sebelah kanan.
Menggunakan “Quad Headlamp” yang berbeda.

Penambahan “Taillights” pada kendaraan yg diproduksi seteleh 1986.

Posisi Antenna dipindah dari atap ke fender belakang, modelnya pun diganti dengan antenna telescopic.

Bumper berukuran lebih besar.

Pipa kenalpot pindah dari kanan ke kiri.

Jenis mesin yang ditawarkanpun lebih sedikit, semua telah di sesuaikan untuk memenuhi standar emisi yang lebih ketat.

Model yang dijual di Amerika Utara adalah type : “GL”, “S”, “GLS”, “STI”, “DL”, “LIBERTE”, “STX”, “TURBO”, “GLX”, “SW8″, “V6″, “TURBO S”, dan pada tahun 1983, ditawarkan versi limited yaitu Peugeot 505 “Anniversary Edition”.

Semua produk 505 yang ditawarkan di Amerika Utara dibangun di Peugeot’s Sochaux Plant, di Perancis.

1 comment:

  1. Peugeot 505 the best car,charming and style

    ReplyDelete